Optimalisasi Edukasi Teknologi Digital dalam Pengembangan 'Multiple
intelligences' Anak Usia Dini
TAHUKAH
ANDA? Teknologi digital penting diajarkan pada anak usia
dini. Melalui edukasi teknologi digital, anak usia dini akan belajar
mengembangkan kreativitas, inovasi, dan daya imajinasi. Melalui edukasi ini
pula orangtua bisa menuntun anak untuk mengembangkan keberagaman intelegensia (multiple intelligences) di usia
dini. Tanpa mengenal teknologi digital sejak usia dini, seorang anak akan
mengalami kesulitan untuk mengaktualisasikan diri di era mutakhir.
Namun, anak usia dini
perlu memperoleh edukasi teknologi digital yang tepat. Agar upaya edukasi
teknologi digital bisa mengembangkan multiple
intelligences tanpa
kehilangan hak untuk bermain dan sehat. Dalam edukasi ini, orangtua memiliki
peran yang sangat signifikan.
Bermain Sambil
Belajar
Agar optimal, edukasi
teknologi digital pada anak usia dini dapat kita rumuskan sebagai konsep: bermain sambil belajar. Hal
tersebut disebabkan secara psikologis anak usia dini berada pada fase bermain (play).
Orangtua memiliki peran penting dalam menuntun anak dalam 'bermain sambil
belajar' di ranah edukasi teknologi digital. Tanpa bermain sambil belajar dan
pendampingan orangtua, pengenalan pada teknologi digital berupa media sosial
berpotensi besar menimbulkan dampak negatif baik terhadap kesehatan
fisik ataupun kesehatan mental.
Bermain
dalam konteks pengenalan (edukasi) teknologi digital bisa kita sebut
'permainan edukasi'. Agar upaya pengenalan pada teknologi digital tidak
merusak atau merampas hak anak usia dini untuk bermain (play). Orangtua dan seluruh pihak
yang mengambil peran sebagai edukator, harus menghadirkan suasana bermain.
Melalui fase bermain inilah, anak usia dini
beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan multiple intelligences. Beberapa multiple intelligences meliputi: kecerdasan linguistik, logik-matematik,
spasial, musik, kinestetik, interpersonal dan intrapersonal, serta kecerdasan
naturalis. Tentunya, kita tidak berharap teknologi digital membawa dampak
negatif bagi anak usia dini.
Oleh karena itu, keluarga terutama orangtua, perlu memiliki
inisiatif mendampingi anak dalam mengenali teknologi digital. Hal
ini penting agar edukasi teknologi digital tidak menggerus multiple
intelligences yang telah dianugerahkan Tuhan, tetapi mengembangkan dan
memupuk potensi tersebut.
Agar edukasi teknologi
digital efektif dalam pengembangan multiple
intelligences dan konsep bermain sambil belajar, materi teknologi digital yang
diberikan pada anak usia dini, sebaiknya dikemas dalam aplikasi permainan
digital (games). Permainan edukasi teknologi digital bagi anak usia
dini perlu untuk diselaraskan dengan multiple
intelligences. Supaya edukasi teknologi digital bisa efektif dan efisien
dalam mengembangkan talenta alamiah dan daya kreativitas anak.
Perbedaan multiple intelligences menimbulkan keberagaman
materi 'permainan edukasi' digital yang semestinya diberikan pada anak
usia dini. Anak yang memiliki kecerdasan di bidang logik-matematik
sebaiknya diberikan materi yang sesuai dengan logik-matematik. Misalnya,
aplikasi games yang
berkaitan dengan angka-angka dan hitungan. Anak yang memiliki kecerdasan
di bidang musik, sebaiknya diberikan materi yang berkaitan dengan musik,
seperti games yang berkaitan dengan aplikasi games yang berkaitan dengan seni musik. Anak
yang memiliki kecerdasan di bidang linguistik dapat diberikan games dalam berbagai bahasa, sehingga bisa
mengembangkan talenta kemampuan menguasai berbagai bahasa (polyglot)
lebih awal.
Di sisi lain, anak
yang memiliki kecerdasan kinestetik dapat diberikan permainan digital
yang terkait dengan pengembangan gerak fisik. Anak yang memiliki
kecerdasan spasial dapat dikenalkan pada dasar-dasar disain digital. Anak
yang memiliki kecerdasan naturalis dapat dikenalkan games yang berkaitan dengan alam, hewan,
tumbuhan, dan lingkungan hidup. Bagi anak yang memiliki kecerdasan
interpersonal dan intrapersonal, bisa diberikan games yang terkait dengan sitem dan
pengorganisasian.
Selain games, materi digital
dalam edukasi dapat berbentuk menulis dan menggambar dengan penggunaan
perangkat lunak (KidPix), menyaksikan tutorial keterampilan
keterampilan praktis, materi digital yang berbentuk buku cerita yang
bisa menampilkan suara dan gambar bergerak, dan berbagai materi lainnya
yang memberi stimulus kegembiraan bagi anak dalam edukasi tersebut.
Melalui konsep 'bermain
sambil belajar' yang diselaraskan dengan jenis multiple intelligences,
teknologi digital akan membantu anak dalam menggali jenis multiple intelligences dan mengaktualisasikannya. Anak pun
tidak kehilangan 'hak bermain' dan bergembira dalam mengaktualisasikan diri.
Teknologi
Digital dan Kesehatan Anak Usia Dini
Kesehatan fisik
dan mental anak usia dini tidak boleh diabaikan dalam upaya
mengoptimalkan edukasi teknologi digital. Sebagaimana kita sadari,
sebagian besar aktivitas dalam teknologi digital minim gerakan fisik.
Perangkat teknologi digital bukanlah benda yang digunakan untuk
aktivitas fisik, melainkan mengharuskan seseorang untuk berada pada
posisi fisik yang tetap sepanjang waktu penggunaan. Misalnya,
penggunaan laptop mengharuskan
seseorang untuk duduk dalam waktu penggunaannya.
Bila penggunaan
perangkat teknologi digital tidak diimbangi dengan aktivitas fisik, anak
usia dini berpotensi besar mengalami kelainan tulang atau gangguan
kesehatan yang disebabkan tubuh berada pada posisi yang sama dalam
rentang waktu yang lama.
Minimnya aktivitas fisik dan otimalisasi
kemampuan berpikir secara mandiri; rentan menjauhkan anak dari upaya
pengembangan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi verbal. Orangtua
sebagai teladan (role models) perlu menuntun
anak untuk tetap bersosialisasi dan mengembangkan komunikasi verbal. Agar
anak tidak mengalami gangguan bersosialisasi dan tetap memiliki kemampuan
komunikasi verbal.
Dengan demikian, upaya untuk menggali multiple intelligences melalui
teknologi digital tetap selaras dengan kemampuan anak untuk beradaptasi di
lingkungan realitas sosial-masyarakat.
Aktivitas penggunaan perangkat digital sangat
memaksimalkan fungsi otak dan mata. Aplikasi digital mengharuskan
penggunanya untuk terus berpikir dan menatap visualisasi digital yang
timbul layar perangkat digital. Aktivitas ini rentan membuat anak usia
dini mengalami gangguan penglihatan atau kelainan saraf.
Oleh karena itu, selain konsep 'bermain dan belajar' dalam edukasi
teknologi digital, anak usia dini sebaiknya tetap diberikan aktivitas fisik
(olahraga) dan asupan gizi yang cukup. Agar edukasi teknologi digital
tidak mengganggu atau menghambat pertumbuhan fisik seorang anak.
Peran Orangtua dalam Edukasi Teknologi Digital bagi Anak Usia Dini
Selain konsep edukasi dan kesehatan; terdapat pula hal-hal praktis
yang perlu diimplementasikan keluarga, terutama orangtua, dalam
mengoptimalisasikan edukasi teknologi digital, antara lain:
(1) Buatlah kesepakatan dengan anak mengenai jadwal penggunaan perangkat
digital.
(2)Orangtua perlu mengembangkan keahlian dan wawasan di bidang
teknologi digital. Agar bisa lebih optimal mendampingi dan menuntun anak
dalam mengembangkan kualitas diri sesuai dengan jenis multiple
intelligences yang dimiliki. Dengan demikian, orangtua bisa berkumpul
dan mendekatkan anak-anak yang memiliki ketertarikan yang sama atau
memiliki jenis multiple intelligences yang identik. Dengan
demikian, anak akan memiliki teman 'bermain sambil belajar'. Dengan jalan
ini, kemampuan anak dalam mengolah emosi tetap terasah. Edukasi teknologi
digital tidak membuat anak mengalami kemunduran dalam bersosialisasi atau
gangguan komunikasi sosial.
(3) Anak usia dini cenderung aktif dan belum bisa mengontrol gerakan.
Perangkat digital sebaiknya tidak disimpan di kamar pribadi anak atapun
kamar orangtua, tetapi di ruang khusus. Agar perangkat digital terhindar
dari potensi untuk rusak dan hancur. Anak pun tidak merasa dirinya
diawasi secara berlebihan.
(4) Buatlah catatan mengenai perkembangan kemampuan dan minat anak. Melalui
catatan ini, orangtua akan bisa mengindikasi jenis multiple
intelligences yang dimiliki anak. Bila anak menyukai materi berupa
hewan ataupun tumbuhan; maka orangtua sebaiknya memberikan materi jenis
hewan dan tumbuhan pula. Demikian pula dengan jenis-jenis multiple
intelligences yang lain. Anak semakin bersemangat mengeksplorasi diri,
mengembangkan diri, dan tetap merasakan suasana bermain. Sebab, mereka
melakukan sesuatu yang menjadi minat dan hal-hal yang mereka suka.
(5) Orangtua dapat membentuk 'komunitas' dengan orangtua (keluarga)
lainnya dalam berbagi informasi untuk mengakomodasi pengembangan multiple
intelligences melalui teknologi digital.
(6) Ajaklah anak berdiskusi mengenai aktivitas belajar yang telah
dijalani. Anak yang sudah menulis bisa dituntun untuk menuliskan
pengalaman yang dialaminya ketika menjalani proses belajar sambil bermain
dengan perangkat teknologi digital.
(7) Perangkat teknologi digital yang tepat digunakan adalah komputer jenis desktop atau laptop.
Perangkat ini relatif lebih aman bagi anak karena memiliki bobot yang
cukup berat, sehingga tidak mudah menimbulkan kerusakan karena gerakan
anak-anak kurang terkontrol. Selain itu, kedua perangkat digital ini
lebih memudahkan orangtua
(8) Pilihlah lembaga pendidikan komputer yang tepat bagi anak.
Orangtua aktif berdiskusi dengan tenaga pendidik atau fasilitator dalam
mencermati perkembangan anak.
(9) Orangtua terus memperbarui wacana dan pengetahuan dari para pakar untuk
memberika edukasi yang tepat badi anak.
Dapat kita
simpulkan bahwa teknologi digital merupakan medium yang bisa kita gunakan untuk
menggali potensi multiple intelligences yang dimiliki anak usia dini. Agar
efektif dan efisien, edukasi teknologi digital pada anak sebaiknya
menggunakan konsep 'bermain sambil belajar'. Materi digital yang
diberikan berupa permainan edukasi digital. Dengan demikian, anak tetap
bisa bergembira dan bermain sambil belajar dan mengembangkan multiple intelligences yang diberkahkan Tuhan.
Perlu adanya sinergi orangtua, keluarga,
pemerintah, dan seluruh lapisan masyarakat. Agar anak usia dini bisa
memperoleh edukasi teknologi digital yang tepat, sehat, dan selaras
dengan fase pertumbuhan. Untuk mengakomodasi edukasi teknologi digital,
lembaga-lembaga pemerintah yang berdedikasi pada pendidikan dan anak,
perlu menetapkan kebijakan yang memberi stimulus berkembangnya edukasi
teknologi digital bagi anak usia dini di Indonesia. Agar edukasi
teknologi digital tidak hanya bisa dinikmati anak usia dini dari kalangan
masyarakat kelas sosial menengah ke atas atau anak usia dini dengan
keluarga yang berdomisili di kawasan kota, tetapi bisa dinikmati seluruh
anak usia dini di seluruh penjuru Nusantara.
Sebagai lembaga pendikan Kursus Pemograman Komputeryang kredibel, Dumet School merupakan
salah satu alternatif yang tepat dijadikan sebagai wahana edukasi teknologi
digital bagi anak usia dini. Melalui Dumet School, anak usia dini akan
memperoleh edukasi teknologi digital dalam konsep ‘bermain sambil belajar’.
Terdapat beberapa keunggulan Dumet School sebagai lembaga pendidikan komputer
bagi anak usia dini, antara lain:
(1) Materi pemrograman
komputer khusus untuk anak usia 6 hingga 12 tahun.
(2) Akses ke iLab
(sistem pembelajaran yang bisa anda akses dimanapun dan kapanpun).
(3) Bisa reseat
(mengulang kelas) sepuasnya.
(4) Disupport seumur
hidup dan gratis konsultasi selamanya.
(5) Sertifikat dengan
nomor izin diknas.
(6) Akses untuk belajar
di DUMET School sepuasnya sampai bisa dan memiliki hasil karya
Selain itu, orangtua
bisa menjalin komunikasi dengan edukator Dumet School untuk mengamati perkembangan
anak dalam menjalani edukasi. Implikasinya, anak usia dini tidak hanya bisa
mengaktualisasikan diri di dunia virtual yang dibentangkan teknologi digital,
tetapi tetap bisa mengaktualisasikan diri dalam kehidupan realitas sosial
mutakhir. Dengan demikian, edukasi teknologi digital yang diperoleh anak
menjadi lebih optimal.
kursus
komputer
biaya kursus
komputer
kursus
komputer bersertifikat terdekat
materi
kursus komputer
manfaat
kursus komputer
kursus
komputer online
kursus
komputer administrasi perkantoran
kursus
komputer terdekat
kursus
komputer terbaik
tempat
kursus komputer terdekat
kursus
komputer bersertifikat
kursus
jenis kursus
kursus apa
yang bermanfaat
kursus
keterampilan
contoh
lembaga kursus
kursus yang
paling banyak dicari
kursus yang
paling banyak dicari
kursus
terbaik
kursus untuk
wanita
kursus bahasa
inggris
kursus
online
kursus
online gratis bersertifikat 2020
kursus
online murah
platfrom
kursus online
rekomendasi
kursus online
kursus
keterampilan online
tes online dapat
sertifikat
kursus
online bahasa inggris
kursus
online gratis 2020
sertifikat
komputer online gratis 2020
rekomendasi
kursus online
sertifikat
online gratis 2020
kursus
digital marketing
kursus
digital marketing bersertifikat
kursus
digital marketing terdekat
kursus
internet marketing murah
kursus
marketing
kursus
digital marketing di madiun
kursus
digital marketing di magetan
kursus
digital maerketing di ngawi
kursus
digital marketing di ponorogo
kursus
digital marketing di nganjuk
kursus online
digital marketing
kursus
digital maketing di jakarta
kursus
digital marketing di depok
kursus
internet marketing murah
sertifikat
digital marketing
pelatihan
digital marketing
kursus
digital marketing 2020
materi
pelatihan digital marketing
More info :
Telp./ Wa :0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu
Facebook : Lkp Fitri Al-Baasitu
Alamat : Jl . Graha Manis No. 10 Perum 2 Manisrejo
Taman Kota Madiun
Perbanyak Kesempatan - Kursus Online - skillacademy.com
Ad•
www.skillacademy.com/
(021) 28543000
Tingkatkan Technical & Soft Skill di Berbagai Bidang untuk Mahasiswa, Profesional & Umum. Online Training Bersertifikat dan Bisa Diakses Selamanya. Harga Kelas Sangat Terjangkau. Cooperativeness Skillset. Managing Project. Bersertifikat Siap Kerja. Pendanaan & Beasiswa.
Kelas Pengembangan Diri
Professional Business Networking
Mengembangkan Personal Branding
Teknologi dan Software
Belajar Skill Pemrograman
Kuasai Software Terbaru
Kelas Bisnis dan Keuangan
Strategi Reksa Dana Untuk Pemula
Bisnis Lean Start Up
Kelas Pemasaran Digital
Kursus SEO Untuk Digital Marketing
Belajar Membangun Bisnis Start Up
ARKADEMI - Kursus Online Bersertifikat #1arkademi.com
Translate this page
Arkademi aplikasi kursus online bersertifikat terbaik dengan pilihan yang luas dari lembaga kursus resmi. Kursus online kapan saja dimana saja.
6 kursus online bersertifikat untuk perkaya resume kamuwww.ekrut.com › Media › Category
Translate this page
Jun 26, 2020 - Kini, makin banyak platform kursus online yang tersedia di Internet. Berikut ini enam kursus online yang menawarkan tempat belajar untuk ...
12 Tempat Kursus Online Gratis yang Bertaraf Internasional ...www.necerz.com › 2020/05 › Kursu...
Translate this page
Di tempat kursus online gratis ini, merupakan tempat kursus internasional loh. Pastinya untuk serifikatnya tidak diragukan lagi.
| IndonesiaXwww.indonesiax.co.id
Translate this page
Kursus online gratis. ... Instruktur kursus adalah profesor terbaik dari universitas mitra kami, atau manajemen puncak dari perusahaan mitra kami. Icon ...
5 Kursus Online Gratis Karena Corona yang Bisa Dimanfaatkanglints.com › lowongan › kursus-onli...
Translate this page
Apr 14, 2020 - Saat ini banyak sekali kursus online gratis untuk dimanfaatkan karena ada corona. Ketahui program-program online gratis tersebut di artikel ...
Tak Perlu Kartu Prakerja, Ini Link 7 Kursus Online yang Bisa ...www.suara.com › news › nasional
Translate this page
Apr 19, 2020 - Kursus online gratis menjadi salah satu hal yang diburu untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi virus corona. Berikut Suara.com ...
EZtudia | Belajar Online, Kursus Onlinewww.eztudia.com
Translate this page
EZtudia adalah sebuah platform digital yang menawarkan belajar online, dan kursus online bersertifikat di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan ...
Sertifikasi Online Gratis dan Berkualitas: Di Sini Tempatnyaid.bitdegree.org › sertifikasi-online-g...
Translate this page
Sedang mencari sertifikasi gratis online? Ambil kursus-kursus online bersertifikat ini, tunjukkan sertifikat gratismu & buktikan kemampuanmu dalam belajar!
You've visited this page 2 times. Last visit: 8/24/20
Kursus online gratis | British Councilstudy-uk.britishcouncil.org › cari › k...
Translate this page
Nikmati dunia pembelajaran yang baru - secara gratis. Ambil satu dari lebih dari 250 kursus online, yang diciptakan oleh lebih dari 35 universitas di Inggris.
SekolahPINTAR.com | Belajar Online, Kursus Online, Sekolah ...www.sekolahpintar.com
Translate this page
Belajar Online, Kursus Online, Kuliah Online, dan Sekolah Online dengan metode pembelajaran NBLS yang sudah terujii lebih dari 10 tahun. Materi modern ...
Related searches
kursus online gratis bersertifikat 2020
kursus online programming
kursus online gratis 2020
indonesiax
kursus gratis pemerintah
kursus online bahasa inggris
seminar online gratis bersertifikat 2020
sertifikat online gratis 2020
Komentar
Posting Komentar