Garansi Abal-abal dari Toko "Official"?
Beberapa waktu lalu saya mengganti mouse lama saya yang
mempunyai gejala aneh: sulit mengklik kiri setelah beberapa waktu tidak
digunakan. Dan selama beberapa bulan berikutnya, akhirnya klik kiri mouse saya
ini benar-benar tidak bisa digunakan. Saya maklum saja karena sudah enam tahun
lebih digunakan sejak pertama mouse tersebut pertama dibeli.
Sebagai catatan, saya mencoba bereksperimen dengan beberapa hal saat
membeli beberapa barang via daring; bukan melulu karena murah. Tapi mencoba
berbagai kemungkinan yang belum pernah saya alami. Misalnya mencoba kurir yang
berbeda dari biasanya.
Jadi kali itu saya mencoba membeli mouse dengan harga
ekstrim hanya karena ingin melihat sejauh mana ketahanannya. Apalagi ditambah
dengan embel-embel 'official store' (di marketplace Tokopedia),
siapa sih yang tidak penasaran mampir? Karena bulan sebelumnya pun saya membeli
tinta original untuk printer saya di situs resmi meskipun ada
banyak penjual yang memajang harga lebih murah di marketplace:
disebabkan ingin mencoba pengalamannya. Di situs resmi tersebut saya malah
ditawari pembuatan faktur pajak jika saya me-reply email produsen
tersebut tidak lebih dari seminggu, hal yang pastinya tidak ada saat pembelian
di toko marketplace.
Singkatnya, saya membeli dua buah: satu untuk digunakan, satu untuk
disimpan. Pemikirannya adalah bila suatu saat mouse saya bermasalah, saya tidak
kelabakan karena terhentinya pekerjaan disebabkan kebutuhan peripheral penting.
Kebetulan saat itu official store tersebut memajang
penawaran lain: 3 month replacement guarantee atau 3 bulan
ganti baru saat ada masalah dengan produk. Menggiurkan? Mungkin iya, terlepas
dari kemungkinan barang tersebut akan rusak pada bulan ke-4 dimana penggantiannya
tidak dijamin lagi sesuai banner yang dipajang. Ada yang
bilang, ada harga ada rupa; jadi bila hanya bertahan minimal empat bulan pun
sepertinya masih bisa dianggap wajar: toh namanya juga barang murah. Lagian
untuk hal mendesak yang genting, usia empat bulan itu tergolong lama dan lebih
dari cukup (untuk beberapa kasus). Meski harapannya, barang yang dibeli bisa
bertahan hingga tahunan.
Tapi, pemikiran tinggal pemikiran dimana penjualnya ingkar
dengan gimmick pada banner yang dibuatnya
sendiri. Karena itulah tulisan ini ditayangkan demi kerugian yang saya alami
tidak meluas dan dialami oleh orang lain minimal pembaca tulisan saya.
Saat itu saya tidak langsung mengabarkan dan menanyakan
status/kondisi mouse komputer saya pada
penjualnya, karena rupanya komputer saya sedang 'tidak fit': secara tampilan
bermasalah dan pas dicari sumbernya ternyata ada pada VGA Card, dan
perlu diganti. Sayangnya belum ada uang juga saat itu sehingga saya memilih
menancapkan slot pada VGA onboard pada motherboard saya.
Saya hanya menyelesaikan pesanan karena barangnya sudah saya terima dan
akan saya pastikan berfungsi setelah saya mereset (menginstal OS Windows10)
yang baru saya unduh dari warnet terdekat---karena kuota saya bisa jebol hanya
untuk mengunduh 4GB+ sedangkan saya masih ada keperluan lain. Setelah hampir
seharian (jam kerja) mereset komputer dan menginstal berbagai software yang
saya butuhkan dan memastikan tanpa masalah, saya baru menjajal mouse lain
yang belum terpakai---ingat saya beli dua buah---setelah saya menggunakan
satu mouse "baru beli" tadi tanpa masalah.
Dan, baru sekali itu saya menemukan ada keanehan pada mouse yang
baru dibeli tadi yang baru sekali ini saya temukan sepanjang pengalaman pribadi
menggunakan komputer. Apa masalahnya? Saat pertama kali ditancapkan kondisinya
normal. Namun setelah satu-dua menit penggunaan, tombol klik kirinya menjadi
malfungsi. Aneh? Menurut saya aneh, karena selama ini tak pernah menemukan hal
yang seperti ini.
Tapi si penjual mengelak soal komplain saya via chat. Karena
merasa produknya 'baik-baik saja' dan menyuruh saya mengajukan komplain.
Tombol komplain pada Tokopedia pun tidak berfungsi disebabkan
"pesanan telah dianggap selesai". Lha bagaimana dengan klaim tiga
bulan penggantian? Ini gimmick tampaknya abal-abal juga
karena mouse saya yang malah belum sehari pemakaian bermasalah
pun tak digubris. Saya benar-benar dongkol, jadi saya memberi 'bintang-2'
dengan label buruk pada ulasan.
Saya pernah kerja di bagian produksi pabrik (meski bukan elektronik).
Sepanjang pengamatan saya, tak semua barang yang berjumlah jutaan bisa masuk
departemen kontrol kualitas (Quality Control) meski ada stempel/label
lolos QC. Mereka hanya mengambil sampel tiap sekian waktu untuk diteliti. Jadi
adanya kerusakan atau entah di luar pengawasan atas segelintir produk oleh
bagian QC itu mestinya masuk akal dan tidak bisa dibilang mustahil. Jadi apes
saya juga mendapat produk yang demikian. Logikanya, sudah selayaknya saya mendapat
pengganti atas kerusakan tersebut seperti yang dijanjikan.
kursus
komputer
biaya kursus
komputer
kursus
komputer online
kursus
komputer terdekat
kursus
komputer terbaik
tempat
kursus komputer terdekat
kursus
komputer bersertifikat
kursus
contoh
lembaga kursus
kursus yang
paling banyak dicari
kursus
terbaik
kursus untuk
wanita
kursus bahasa
inggris
kursus
online
kursus
online bahasa inggris
kursus
online gratis 2020
sertifikat
komputer online gratis 2020
rekomendasi
kursus online
sertifikat
online gratis 2020
kursus
digital marketing
kursus
digital marketing bersertifikat
kursus
digital marketing terdekat
kursus
internet marketing murah
kursus
marketing
kursus
digital marketing di madiun
kursus
digital marketing di magetan
kursus
digital maerketing di ngawi
kursus
digital marketing di ponorogo
kursus
digital marketing di nganjuk
kursus online
digital marketing
kursus
marketing
kursus
digital maketing di jakarta
kursus
digital marketing di depok
kursus
internet marketing murah
sertifikat
digital marketing
pelatihan
digital marketing
kursus
digital marketing 2020
materi
pelatihan digital marketing
More info :
Telp./ Wa :0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu
Facebook : Lkp Fitri Al-Baasitu
Alamat : Jl . Graha Manis No. 10 Perum 2 Manisrejo
Taman Kota Madiun
Komentar
Posting Komentar