Apa itu Digital Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Anda?
Sebelum mengetahui cara – cara Penggunaan digital marketing, Anda terlebih dahulu harus
mengetahui apa itu digital marketing.
Digital
Marketing atau Pemasaran secara digital bisa didefinisikan sebagai
semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam
taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon
konsumen yang menghabiskan waktu di online. Ada beragam akses untuk para calon
konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial
(Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan
berkomunikasi kepada Anda.
Di dunia digital marketing
Anda bisa membuat agar calon customer tertarik pada penawaran Anda. Anda bisa
membuat iklan, email marketing, brosur online, dan banyak lagi.
Taktik
Digital Marketing dan Contohnya
Digital marketers (pemasar digital) terbaik adalah yang memiliki
gambaran jelas tentang bagaimana setiap kampanye digital marketing yang dia
miliki mendukung tujuan penawarannya. Bergantung pada tujuan strategi pemasaran
mereka, digital marketer dapat membuat kampanye yang lebih besar melalui media
gratis ataupun berbayar yang dia miliki.
Misalnya, seorang content marketer
(pembuat konten) biasanya dapat membuat serangkaian postingan blog yang
berfungsi untuk mengajak. Social media marketer (pengelola sosial media)
berfungsi membantu mempromosikan postingan blog melalui pos berbayar dan organik
(tidak berbayar) di akun media sosial. Tugas email marketer adalah membuat
email campaign untuk dikirimkan kepada calon customer
agar tertarik dengan penawaran yang ditawarkan.
Berikut ini ulasan singkat
tentang beberapa
taktik pemasaran digital yang cukup
umum dan media yang terlibat dalam masing-masing pemasaran.
Search Engine
Optimization (SEO)
Ini adalah proses mengoptimalkan situs
web Anda untuk mendapat “peringkat” lebih tinggi di halaman hasil mesin
pencari, sehingga meningkatkan jumlah traffic organik (atau tidak berbayar)
yang diterima situs web Anda. Media FF yang bermanfaat dari SEO meliputi:
·
Website
·
Blogs
·
Infografis
Konten Marketing
Istilah ini menunjukkan pembuatan dan
promosi aset konten untuk tujuan menghasilkan brand awareness,
pertumbuhan traffic, perolehan prospek, dan pelanggan. Media yang dapat
digunakan untuk strategi konten pemasaran kamu termasuk:
·
Postingan Blog
·
Ebook dan Artikel
·
Infografis
·
Brosur Online
Sosial Media
Marketing
Dalam prakteknya adalah mempromosikan merek dan konten
Anda di media media sosial
untuk meningkatkan brand awareness, mengendalikan traffic, dan menghasilkan prospek
untuk bisnis Anda. Media yang dapat Anda gunakan dalam pemasaran media sosial
meliputi:
·
Facebook
·
Twitter
·
LinkedIn
·
Snapchat
·
Pinterest
·
Google+
Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah metode untuk mengarahkan traffic ke web
Anda dengan membayar setiap klik. PPC yang umum digunakan adalah Google
AdWords, yang memungkinkan Anda membayar, dan mendapatkan slot teratas pada
pencarian Google dengan harga “per klik”. Media lainnya yang bisa Anda gunakan
untuk menjalankan PPC yaitu :
·
Tweet promosi Twitter
·
Pesan Sponsor LinkedIn
Affiliate Marketing
Sebuah jenis iklan dimana Anda dapat mempromosikan
penawaran atau layanan orang lain di situs web Anda. Ada beberapa aplikasi
Affiliate Marketing yaitu:
·
Hosting
video ads dengan Youtube.
·
Mengupload
Link affiliate.
Native Ads
Native Ads mengacu pada iklan
utama berisikan konten yang ditampilkan pada platform media bersama konten
non-berbayar lainnya. Salah satu Postingan yang disponsori BuzzFeed contoh yang
bisa Anda ikuti, tetapi banyak juga orang yang menganggap iklan di media sosial
diragukan “keasliannya”- iklan Facebook dan iklan Instagram, misalnya.
Otomatisasi
Pemasaran
Otomatisasi pemasaran mengacu pada perangkat lunak
yang berfungsi untuk mengotomatisasi operasi pemasaran dasar Anda. Banyak
departemen pemasaran dapat mengotomatiskan tugas-tugas berulang yang seharusnya
mereka lakukan secara manual, seperti:
·
Susunan
postingan sosial media
·
Mengupdate
daftar kontak
·
Memimpin
alur kerja
·
Laporan
campaign
Email Marketing
Beberapa perusahaan menggunakan email marketing
sebagai jembatan untuk berkomunikasi dengan customer. Email sering digunakan
untuk mempromosikan konten, potongan harga dan sebuah acara. Serta
mengarahkan calon customer
untuk mengunjungi website Anda.
Ada beberapa tipe email yang bisa Anda gunakan untuk melakukan campaign email
marketing, yaitu:
·
Pengikut
bulletin blog
·
Menindaklanjuti
email pengunjung website yang mengunduh sesuatu
·
Email
sapaan untuk customer
·
Promosi
liburan untuk program pendapatan member
·
Tips
atau email yang serupa untuk pengasuhan konsumen
Apa yang
Dilakukan Seorang Digital Marketer ?
Digital marketer bertanggung jawab untuk mengangkat
brand (brand awareness) dan mengumpulkan data customer (lead
generation) melalui semua media gratis dan berbayar yang digunakan.
Media ini termasuk media sosial, situs web Anda, Google, email, iklan.
Digital marketer biasanya berfokus untuk membuat cara kerja atau
sistem kerja pemasaran dengan
sistem digital/online. Digital marketer yang bertanggung jawab atas SEO, misalnya,
mengukur “traffic organik (pengunjung yang datang ke web anda tanpa berbayar)”
situs web Anda dari jumlah pengunjung situs web yang berkunjung ke halaman
situs web Anda melalui pencarian.
Digital marketing terbagi oleh beberapa peran
marketing, pada perusahaan kecil atau besar memerlukan peran masing – masing
digital marketing. Jadi ada Beberapa peranan yang ada di Digital marketing
yaitu:
·
Manager SEO
Standar KPI (Indikator Peforma): Traffic Organic =
orang yang datang ke website Anda tanpa berbayar
Singkatnya, manajer SEO memiliki Goal untuk
meningkatkan peringkat website Anda di Google. Menggunakan berbagai pendekatan
untuk mengoptimalkan peringkat di mesin pencarian, orang ini mungkin bekerja
secara langsung dengan pembuat konten untuk memastikan konten yang mereka
hasilkan berkinerja dengan baik di Google – bahkan jika perusahaan juga
mengupload konten ini di media sosial.
·
Spesialis Konten Marketing
Standar KPI : Mengatur
jadwal waktu, traffic blog secara keseluruhan, pelanggan akun media Youtube. Spesialis
konten marketing adalah pencipta dari
konten digital. Dimana membuat konten
yang menarik agar penawaran Anda bisa diminati oleh calon customer. Konten
tersebut bisa berupa tulisan, gambar, hingga video. Spesialis konten marketing juga membuat daftar konten apa yang cocok
dengan penawaran Anda, dan memastikan konten tersebut bisa diluncurkan untuk campaign.
·
Manager Sosial Media
Standar KPI: Jumlah
Shares, Followers, Likes, Views Tugas sebagai Manager Sosial Media yaitu
mengembangkan strategi untuk mengupload konten pada media sosial hingga
berkomunikasi secara langsung kepada calon customer. Mulai dari menyebarkan
artikel, video hingga apapun yang memang dibutuhkan calon customer. Manager media sosial biasanya bekerja sama dengan spesialis konten
marketing. Cara kerjanya dimana yang membuat konten adalah tim spesialis konten
marketing sedangkan untuk menyebarkan konten yang bertugas adalah manager media
sosial.
·
Koordinator Otomasi Pemasaran
Koordinator otomasi pemasaran
membantu untuk memilih dan mengelola perangkat lunak yang memungkinkan seluruh
tim pemasaran memahami perilaku calon customer Anda dan mengukur pertumbuhan
bisnis Anda. Karena banyak operasi pemasaran yang dapat dijalankan secara
terpisah dari satu dengan yang lain, penting bagi Anda untuk menjadi seseorang
yang dapat mengelompokkan aktivitas digital ini ke dalam campaign individu dan melacak
setiap kinerja campaign.
Apakah
Digital Marketing Bekerja untuk Semua Bisnis ?
Digital marketing dapat
digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang
dijual perusahaan Anda, digital marketing masih memerlukan persona customer
(gambaran akan target penawaran customer Anda) untuk mengidentifikasi kebutuhan
calon customer Anda, dan menciptakan konten online yang menarik dan membantu
mereka. Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital
dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya seperti penerapan digital marketing
pada ragam bisnis dibawah ini :
B2B Digital
Marketing
Jika perusahaan Anda melakukan sistem bisnis ke bisnis
(B2B), sistem digital marketing akan berpusat pada mengumpulan data
customer(lead generation). Oleh karena itu Anda memerlukan strategi
pemasaran yang menarik agar menghasilkan customer yang berkualitas untuk sales
people (tenaga penjualan) Anda.
Di luar situs web Anda, Anda dapat memfokuskan upaya
Anda pada media yang berfokus pada bisnis seperti LinkedIn, di mana mayoritas
demografis customer Anda menghabiskan waktu mereka secara online.
B2C Digital
Marketing
Jika perusahaan Anda adalah
bisnis-ke-konsumen (B2C), tergantung pada titik harga produk Anda, kemungkinan
tujuan dari upaya pemasaran digital Anda adalah untuk menarik orang ke situs
web Anda dan membuat mereka menjadi pelanggan tanpa perlu melalui perantara
sales people (tenaga penjualan).
Oleh karena itu, Anda mungkin tidak
akan sepenuhnya berfokus pada pengumpulan data customer (leads), namun lebih
fokus ke dalam membangun perjalanan pembeli (customer journey) dari saat
seseorang masuk di situs web Anda, hingga saat mereka melakukan pembelian. Ini
berarti fitur produk Anda lebih signifikan daripada bisnis B2B, dan Anda
mungkin perlu menggunakan ajakan bertindak (Call to Action) yang lebih kuat.
Untuk perusahaan B2C, platform seperti Instagram
dan Pinterest seringkali lebih efektif daripada platform yang berfokus pada
bisnis seperti LinkedIn.
Keuntungan
Apa Saja yang Anda Dapat Pada Digital Marketing?
Tidak seperti kebanyakan marketing offline (Toko),
digital marketing memungkinkan marketer (pemasar) dapat melihat hasil
yang akurat sesuai waktu Anda memasukan data. Jika Anda pernah memasang iklan
di surat kabar, Anda akan tahu betapa sulitnya memperkirakan berapa banyak
orang yang benar-benar membeli penawaran dan memperhatikan iklan Anda. Dan yang
pasti tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui apakah iklan tersebut berhasil
membuka peluang semua penjualan.
Dengan digital marketing, kamu bisa mengukur ROI
(Return on Investment) dari hampir semua aspek upaya pemasaran Anda. Yang
dimaksud dengan ROI sendiri adalah ukuran/besaran yang digunakan untuk
mengevaluasi efisiensi sebuah investasi dibandingkan dengan biaya dan modal
awal yang dikeluarkan.
Mengukur Traffic Website
Dengan digital marketing, Anda bisa melihat jumlah
orang yang telah melihat halaman website Anda dalam sekian waktu dengan
menggunakan software digital. Anda juga bisa melihat berapa banyak halaman yang
mereka kunjungi, alat apa yang mereka gunakan, dan dimana mereka berasal, dan
sebagainya.
Pengetahuan ini membantu Anda untuk mengutamakan jenis
media marketing mana yang menghabiskan banyak waktu dan yang lebih efisien,
berdasarkan jumlah orang yang menggunakan media tersebut untuk ke halaman situs
Anda. Contohnya, jika hanya 10% dari audiens yang datang ke website Anda
(traffic) yang datang dari pencarian organic (tanpa berbayar), Anda tau masalah
itu membutuhkan waktu luang di SEO untuk meningkatkan persentase.
Dengan marketing (pemasaran) secara offline (toko),
sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dengan merek/brand
Anda sebelum mereka berinteraksi dengan seorang penjual atau melakukan
pembelian.
Dengan digital marketing, Anda bisa mengidentifikasi
tren dan pola perilaku customer Anda sebelum mencapai tahap akhir dalam
perjalanan pembelian mereka yaitu Checkout. Ini berarti Anda dapat
membuat funnel yang tepat tentang bagaimana menarik mereka
untuk ke halaman situs Anda dan membeli penawaran Anda.
Mengukur Performa Konten dan
Mengumpulkan Leads
Pernahkah terpikirkan saat Anda membagikan selebaran
brosur, bahwa setelah dibagikan Anda tidak tahu berapa banyak orang membuka
brosur Anda atau berapa banyak orang yang tidak tertarik.
Sekarang bayangkan Anda mempunyai brosur itu di
halaman situs Anda sebagai gantinya. Anda bisa mengukur secara pasti berapa
banyak orang yang melihat halaman dimana kamu mengupload brosur tersebut, dan
Anda bisa mengumpulkan detail kontak siapa saja yang mengunduh. Alhasil, Anda
tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat di konten Anda,
tapi Anda juga bisa mengumpulkan data prospek customer yang berkualitas.
Jenis konten
digital apa yang harus Anda buat?
Jenis konten yang Anda buat tergantung pada kebutuhan
audiens di tahapan yang berbeda dalam perjalanan pembeli. Anda harus memulai
dari membuat customer persona, atau dalam arti lain profil target audiens Anda.
(menggunakan template gratis ini, atau mencoba ( makemypersona.com)
untuk menemukan apa saja yang menjadi Goal/Keinginan dan Tantangan yang
dihadapi target audiens Anda. Tujuan konten online Anda harus membantu memenuhi
goal/keinginan mereka ini, dan mengatasi tantangan mereka.
Kemudian, Anda juga perlu memikirkan kapan target
audiens Anda siap untuk menerima konten yang Anda buat terkait dengan tahapan
mereka di dalam perjalanan pembeli (customer journey) mereka. Ini yang biasanya
disebut sebagai pemetaan konten.
Dengan pemetaan konten, tujuannya adalah menargetkan
konten sesuai dengan:
·
Karakteristik seseorang yang akan
mengonsumsinya (disitulah customer persona datang)
·
Seberapa dekat orang itu untuk melakukan
pembelian (posisi mereka di customer journey).
Berikut 3 tipe Market dan Asset apa saja yang dapat
digunakan di setiap tahapan perjalanan pembeli mereka :
Awareness Stage (Cold Market)
Singkatnya, Cold market adalah
orang yang belum mengenal penawaran yang Anda tawarkan. Anda bisa mengumpulkan
cold market melalui aset:
1. Posting blog.
Bagus untuk peningkatan organic traffic saat dipasangkan dengan SEO yang kuat dan kunci
strategi.
2. Infografis.
Karena sangat mudah dibagikan, maka
infografis berfungsi meningkatkan peluang Anda melalui sosial media ketika orang
lain berbagi konten Anda. (Insert contoh gambar infografis).
1. Video pendek.
Sekali lagi, ini sangat mudah dibagikan
dan dapat membantu merek/brand Anda dapat ditemukan oleh audiens baru dengan
menguploadnya di platform seperti YouTube.
Warmer Market
Audiens yang belum mengenal Anda,
namun mengenal orang-orang yang berhubungan dengan Anda.
Anda bisa menarik warmer market ini
melalui endorsement mengenai Anda dari orang-orang yang mereka kenal tersebut.
Tahapan Pertimbangan (Warm Market)
Warm Market adalah audiens yang
sudah mengenal Anda (sudah masuk ke email list, subscriber Anda) namun belum
membeli penawaran/offer Anda.
Anda bisa mengumpulkan warm market
melalui aset:
1.
EbooksSangat
bagus untuk menghasilkan prospek karena umumnya lebih komprehensif daripada
posting blog atau infografis, yang berarti seseorang lebih mungkin bertukar
informasi kontak mereka untuk menerimanya.
2.
Laporan penelitian.Ini adalah
bagian konten bersifat data dan bernilai tinggi yang bagus untuk menghasilkan
prospek. Laporan penelitian dan data baru untuk industri Anda juga dapat
bekerja untuk Awareness stage, karena sering diambil oleh media atau pers
industri.
3.
Webinar.Karena
mereka adalah bentuk konten video yang lebih rinci dan interaktif, webinar
adalah format konten tahap pertimbangan yang efektif karena mereka menawarkan
konten yang lebih komprehensif daripada pos blog atau video pendek.
Tahap Keputusan (Hot Market)
Hot Market adalah audiens yang
sudah mengenal Anda dan sudah membeli penawaran/offer Anda.
Anda bisa mengumpulkan hot market
melalui aset:
1. Studi kasus.
Memiliki studi kasus mendetail di situs
web Anda dapat menjadi bentuk konten yang efektif bagi audiens di tahap warm
yang siap untuk membuat keputusan pembelian, karena ini membantu mempengaruhi
keputusan mereka secara positif.
2. Testimonial.
Jika studi kasus tidak cocok untuk bisnis
Anda, memiliki testimonial singkat di sekitar situs web Anda adalah alternatif
yang baik. Untuk merek B2C, pikirkan testimonial sedikit lebih longgar.
Contohnya jika Anda menjual fashion pakaian, testimonial dapat berupa foto
bagaimana orang lain menata baju atau gaun yang mereka beli dari Anda dengan
hashtag (tagar) bermerek brand Anda.
Apakah Anda Perlu Anggaran Besar untuk
Pemasaran Digital?
Jawabannya bergantung pada elemen apa dari digital
marketing yang Anda inginkan untuk ditambahkan ke strategi Anda.
Jika Anda berfokus pada teknik seperti SEO, media
sosial, dan pembuatan konten untuk situs web yang sudah ada sebelumnya, kabar
baiknya adalah Anda tidak perlu banyak anggaran. Fokus utamanya adalah
menciptakan konten berkualitas tinggi yang ingin dikonsumsi oleh audiens Anda,
kecuali jikalau Anda berencana untuk menghemat waktu, satu-satunya investasi
yang Anda butuhkan adalah waktu Anda.
Sebaliknya, seperti iklan online dan daftar email
list, pasti ada beberapa biaya. Berapa biayanya tergantung pada jenis
visibilitas yang ingin Anda terima sebagai hasil dari iklan.
Penting untuk diingat bahwa di dunia digital sangatlah
luas jadi untuk mendapatkan banyak customer, Anda harus memulai dengan banyak
ide pada konten marketing. Pastikan konten marketing berjalan dengan baik
dengan, perhatikan juga kompetitor Anda apa saja yang mereka tampilkan pada ide
konten. Dan jangan lupa untuk tepat berhubungan dengan calon costumer Anda
melalui sosial media marketing karena keduanya saling berhubungan. Dapat
dipastikan Anda akan berhasil membuat bisnis yang sukses dengan digital
marketing.
biaya kursus
komputer kursus komputer online kursus
komputer terdekat tempat kursus komputer terdekat kursus komputer bersertifikat
contoh lembaga kursus kursus yang paling banyak dicari kursus terbaik kursus
untuk wanita kursus bahasa inggris kursus online bahasa inggris kursus online
gratis 2020 sertifikat komputer online gratis 2020 rekomendasi kursus online
sertifikat online gratis 2020 kursus digital marketing bersertifikat kursus
digital marketing terdekat kursus internet marketing murah kursus marketing
kursus digital marketing di Bekasi kursus digital marketing di Bogor kursus
marketing kursus digital maketing di jakarta kursus digital marketing di depok
kursus internet marketing murah sertifikat digital marketing pelatihan digital
marketing kursus digital marketing 2020 materi pelatihan digital marketing
More info :
Telp./ Wa :0813 5930 4039
Instagram : lkpfitrialbaasitu
Facebook : Lkp Fitri Al-Baasitu
Alamat : Jl . Graha Manis No. 10 Perum
2 Manisrejo Taman Kota Madiun
Perbanyak Kesempatan - Kursus Online - skillacademy.com Ad• www.skillacademy.com/ (021) 28543000 Tingkatkan Technical & Soft Skill di Berbagai Bidang untuk Mahasiswa, Profesional & Umum. Online Training Bersertifikat dan Bisa Diakses Selamanya. Harga Kelas Sangat Terjangkau. Cooperativeness Skillset. Managing Project. Bersertifikat Siap Kerja. Pendanaan & Beasiswa. Kelas Pengembangan Diri Professional Business Networking Mengembangkan Personal Branding Teknologi dan Software Belajar Skill Pemrograman Kuasai Software Terbaru Kelas Bisnis dan Keuangan Strategi Reksa Dana Untuk Pemula Bisnis Lean Start Up Kelas Pemasaran Digital Kursus SEO Untuk Digital Marketing Belajar Membangun Bisnis Start Up ARKADEMI - Kursus Online Bersertifikat #1arkademi.com Translate this page Arkademi aplikasi kursus online bersertifikat terbaik dengan pilihan yang luas dari lembaga kursus resmi. Kursus online kapan saja dimana saja. 6 kursus online bersertifikat untuk perkaya resume kamuwww.ekrut.com › Media › Category Translate this page Jun 26, 2020 - Kini, makin banyak platform kursus online yang tersedia di Internet. Berikut ini enam kursus online yang menawarkan tempat belajar untuk ... 12 Tempat Kursus Online Gratis yang Bertaraf Internasional ...www.necerz.com › 2020/05 › Kursu... Translate this page Di tempat kursus online gratis ini, merupakan tempat kursus internasional loh. Pastinya untuk serifikatnya tidak diragukan lagi. | IndonesiaXwww.indonesiax.co.id Translate this page Kursus online gratis. ... Instruktur kursus adalah profesor terbaik dari universitas mitra kami, atau manajemen puncak dari perusahaan mitra kami. Icon ... 5 Kursus Online Gratis Karena Corona yang Bisa Dimanfaatkanglints.com › lowongan › kursus-onli... Translate this page Apr 14, 2020 - Saat ini banyak sekali kursus online gratis untuk dimanfaatkan karena ada corona. Ketahui program-program online gratis tersebut di artikel ... Tak Perlu Kartu Prakerja, Ini Link 7 Kursus Online yang Bisa ...www.suara.com › news › nasional Translate this page Apr 19, 2020 - Kursus online gratis menjadi salah satu hal yang diburu untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi virus corona. Berikut Suara.com ... EZtudia | Belajar Online, Kursus Onlinewww.eztudia.com Translate this page EZtudia adalah sebuah platform digital yang menawarkan belajar online, dan kursus online bersertifikat di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan ... Sertifikasi Online Gratis dan Berkualitas: Di Sini Tempatnyaid.bitdegree.org › sertifikasi-online-g... Translate this page Sedang mencari sertifikasi gratis online? Ambil kursus-kursus online bersertifikat ini, tunjukkan sertifikat gratismu & buktikan kemampuanmu dalam belajar! You've visited this page 2 times. Last visit: 8/24/20 Kursus online gratis | British Councilstudy-uk.britishcouncil.org › cari › k... Translate this page Nikmati dunia pembelajaran yang baru - secara gratis. Ambil satu dari lebih dari 250 kursus online, yang diciptakan oleh lebih dari 35 universitas di Inggris. SekolahPINTAR.com | Belajar Online, Kursus Online, Sekolah ...www.sekolahpintar.com Translate this page Belajar Online, Kursus Online, Kuliah Online, dan Sekolah Online dengan metode pembelajaran NBLS yang sudah terujii lebih dari 10 tahun. Materi modern ... Related searches kursus online gratis bersertifikat 2020 kursus online programming kursus online gratis 2020 indonesiax kursus gratis pemerintah kursus online bahasa inggris seminar online gratis bersertifikat 2020 sertifikat online gratis 2020
Komentar
Posting Komentar